Kamis, 18 Juni 2009

Lighting Pada 3DSMAX

saya akan membahas mengenai lighting objek pada 3dsmax. pemberian lighting akan memberikan kesan nyata pada objek yang sudah dibentuk. Sebagai contoh objek yang dibentuk adalah sebuah logo dengan objek pendukung sebagai map adalah plane.


Pada panel create, pilih lights, kemudian pilih target spot. Drag pointer pada viewport yang di pilih, misalnya pada left viewport, agar pencahayaan dapat diatur berada di atas objek.

Objek light target spot telah terbentuk. Agar pencahayaan tampak nyata, maka di tambahkan shadow. Untuk mengatur shadow, pastikan objek light target spot dalam keadaan terpilih, kemudian pada panel modify, grup general parameters, sub grup shadows, centang opsi on.

Kemudian, pengaturan warna shadow dan lain-lain dapat di atur pada grup shadow parameter dan shadow map params. pada bagian tersebut kita dapat mengatur warna shadow objek satu pada objek lainnya.


untuk tutorial berikutnya, akan ditambahkan lain waktu.

WelCome

Hola. . .

detiknews - detiknews